Langsung ke konten utama

BAB II


BAB II
    KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG

A.      KONDISI SMP NEGERI 1 SIAK HULU (MAGANG 1)

SMP Negeri 1 Siak Hulu  berada pada lingkungan yang tidak luput dari dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. SMP Negeri 1 Siak Hulu berada diperbatasan dengan kota Pekanbaru dan dekat dengan jalan lintas dan berada ditengah perkampungan sehingga dibutuhkan suatu kedisiplinan terhadap siswa, jika ada siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran di sekolah pada jam belajar sekolah, apabila berada dijalanan atau tempat lainnya, masyarakat sering kali memberikan informasi ke sekolah tentang keberadaan siswa tersebut. Berdasarkan informasi masyarakat itu, sekolah dapat kembali mengevaluasi tentang proses pendisiplinan siswanya, sehingga proses pembelajaran benar-benar diikuti oleh seluruh siswa. Kondisi yang seperti ini sangat menunjang sekali terhadap keberhasilan sekolah.
Tahun pelajaran 2018/2019 ini SMP Negeri 1 Siak Hulu membina sebanyak 1000 siswa yang terbagi kedalam 30 rombongan belajar dimana setiap ruang kelas menampung rata-rata sebanyak 32 orang. SMP Negeri 1 Siak Hulu memiliki tenaga pendidik (guru) sebanyak 75, yakni 66 orang guru PNS, 9 orang guru honorer, sedangkan tenaga kependidikan berjumlah 14 orang dengan 6 orang PNS dan 8 orang pegawai honorer. Sekolah ini memiliki sarana dan prasarana belajar 30 ruang kelas, 1 ruang Kepala Sekolah, 1 ruang wakil Kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang TU, 1 ruang operator komputer, 1 ruang BK, 1 ruang  perpustakaan, 1 laboraturium komputer,  1 laboraturium IPA ( Biologi dan Fisika), 1 ruang UKS,  1 buah Mushalla, 5 buah kantin siswa, 1 buah koperasi siswa serta 4  buah wc guru, 16  buah wc siswa.

Visi, Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Siak Hulu

Visi SMP Negeri 1 Siak Hulu
Visi SMP Negeri 1 Siak Hulu  adalah sebagai berikut:
 TERWUJUDNYA WARGA SMP NEGERI 1 SIAK HULU TAPREBUWALIGEN (Taqwa, Berprestasi, Berwawasan Lingkungan dan Gender) Tahun 2020 ”

Misi  :
1.    Menyelenggarakan Pendidikan yang Membentuk Anak Didik yang Beriman dan Bertaqwa dengan dibekali Ilmu Pengetahuan, Keterampilan, dan Teknologi
2.    Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3.    Melaksanakan Pendidikan untuk semua yang Menghargai Perbedaan dan Mencerminkan Kesetaraan Gender serta Peduli Lingkungan
4.    Melaksanakan Pembelajaran yang Menyenangkan Berdasarkan        Manajemen yang Sehat dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Modern.


Tujuan Sekolah
1.    Terwujudnya pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif, efisien dan menyenangkan
2.    Terlaksananya pergaulan yang bernuansa islami
3.    Terlaksananya pembelajaran berbasis Iptek dan Imtaq
4.    Terciptanya generasi yang disiplin, sehat, aktif kreatif dan bersih
5.    Terciptanya generasi yang mampu bersaing di bidang akademik dan non akademik
6.    Terbangunnya warga sekolah yang mencintai, memelihara kebersihan dan melestarikan lingkungan hidup.

IDENTITAS SEKOLAH
a.       Nama Sekolah                       :       SMP Negeri 1 Siak Hulu
b.      NSS / NPSN                         :       20.1140680.001 / 10400153
c.       Tipe Sekolah                         :       A
d.      Alamat Sekolah                    :       Jalan Kubang Jaya No. 128
                                                      Desa  Kubang
                                                      Kecamatan Siak Hulu
                                                      Kabupaten Kampar
                                                      Provinsi Riau
e.       Telepon                                 :       ( 0761 ) 72580
f.       Status Sekolah                      :       Negeri
g.      Nilai Akreditasi Sekolah       :       A
h.      E-mail                                   :       smpn1siakhulu@yahoo.com
i.        Website                                 :       www.smpn1siakhulu.sch.id






Tabel 1. Data Siswa 4 (Empat) tahun terakhir SMP N 1 Siak Hulu
Data Siswa 4 (Empat tahun terakhir)
Tahun Pelajaran
Jlh. Pend. Cln Siswa Baru
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jlh (Kls VII+ VIII+IX)
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
2015/2016
322 org
316
09 rbl
322
09 rbl
302
10 rbl
944
28 rbl
2016/2017
322 org
361
10 rbl
306
09 rbl
322
10 rbl
989
28 rbl
2017/2018
362 org
327
10 rbl
358
10 rbl
293
9 rbl
978
29 rbl
2018/2019
320
320
10 rbl
325
10 rbl
355
10 rbl
1000
30 rbl

DATA TANAH
Kepemilikan Tanah
Pemerintah/Status Tanah                : SM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah *)
Luas Tanah Terbangun                   : 20.000 M2
Luas Tanah Siap Bangun                : 2.450 M2
Luas Lantai Atas Siap Bangun       : 252 M2

1.  STANDAR ISI
SMP Negeri 1 Siak Hulu menggunakan kurikulum K13 yang dikembangkan dengan menggunakan panduan yang disusun BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Kelas VII, VIII, dan  Kelas IX menggunakan kurikulum 2013 (K13). Satu jam pelajaran setara dengan 40 menit. Jumlah jam pelajaran tatap muka sebanyak 38 jam pelajaran perminggu. Adapun struktur kurikulum SMP Negeri 1 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2018-2019 dapat dilihat pada tabel dibawah ini :




Tabel 2. Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Siak Hulu

Komponen


Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
Kelompok A



Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
Bahasa Indonesia
5
5
5
Matematika
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B



Seni Budaya
4
4
4
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
3
3
3
Prakarya
2
2
2
Jumlah

38
38
38

Pelaksanaan remedial di SMP Negeri 1 Siak Hulu:
1.      Remedial diberikan bagi siswa yang nilainya < KKM
2.      Kegiatan remedial dapat dilakukan diluar jam efektif
3.      Remedial dilaksanakan untuk masing-masing mata pelajaran minimal 3x
4.      Nilai hasil remedial tidak boleh melebihi nilai KKM mata pelajaran
5.      Penilaian kegiatan remedial dapat dilakukan melalui tes maupun penugasan
6.      Jika siswa yang tidak tuntas < 25% maka dilakukan remedial individu. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa pemberian tugas dan pembelajaran tutor sebaya
7.      Jika siswa yang tidak tuntas > 25 % maka dilakukan remedial teaching secara klasikal dengan mengulang kembali indikator atau Kompetansi Dasar yang belum tuntas, kemudian dilakukan tes/ulangan kembali.

Pengayaan
Program pengayaan adalah program pendalaman kompetensi yang diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai kreteria ketuntasan minimal agar yang bersangkutan memiliki kompetensi yang lebih luas dan tinggi
1.      Pengayaan dilakukan bagi siswa yang sudah tuntas
2.      Pengayaan dapat dilakukan pada jam efektif maupun diluar jam efektif
3.      Bentuk pengayaan dapat berupa tugas individu/kelompok.
4.      Nilai pengayaan tidak mempengaruhi nilai ketuntasan belajar.
Kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan mengacu pada kebutuhan pengembangan pribadi siswa, diantaranya kepramukaan, sepak bola, bola voli.. Pemenuhan akan kebutuhan pengembangan pribadi siswa dilakukan dengan menyediakan layanan bimbingan dan konseling ( BK ).

2. Standar Proses
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengacu pada Standar Isi. Silabus Pembelajaran telah dikembangkan secara Nasional Oleh Kemendikbud. 
Guru-guru memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional maupun mata pelajaran muatan lokal. Kegiatan penyusunan RPP dilakukan oleh guru-guru secara mandiri ataupun berkelompok dalam pertemuan MGMP. RPP yang disusun oleh guru-guru sebagian masih mencontoh RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan. Namun ada juga beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil pemikiran sendiri ataupun kelompok dengan memperhatikan lingkungan sekolah/siswa dan karakteristik peserta didik.
Metode pembelajaran yang  dirancang guru-guru dalam RPP sebagian sudah menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, kreaktif dan memotivasi siswa. Sebagian guru masih ada menggunakan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran langsung. Buku-buku yang disediakan sekolah boleh dikatakan sudah lengkap dengan perbandingan satu buah buku untuk satu orang siswa. Untuk meningkatkan mutu pelaksanana proses pembelajaran dikelas, pengawas, Kepala SMP Negeri 1 Siak Hulu, Wakil Kepala Sekolah dan Guru Senior yang kompeten, melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.

3. Standar Kompetensi Kelulusan.
Perolehan nilai hasil ujian nasional tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 1 Siak Hulu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia; Rata-rata Ujian Nasional 43,19, nilai tertinggi 82,00 dan nilai terendah 20,00. Bahasa Inggris : Rata – rata Ujian Nasional 37,90, nilai tertinggi 60,00 dan nilai terendah 20,00. Matematika; Rata-rata Ujian Nasional  30,49, nilai tertinggi 55,00 dan nilai terendah 12,5. IPA: Rata – rata Ujian Nasional 37,98, nilai tertinggi 67,00 dan nilai terendah 17.50.
Untuk mengembangkan nilai-nilai keagamaan khususnya Islam dan budaya masyarakat Kabupaten Kampar, SMP Negeri 1 Siak Hulu melaksanakan kegiatan keagamaan sholat zuhur berjamaah. Sedangkan untuk meningkatkan budaya membaca di SMP Negeri 1 Siak Hulu diadakan literasi Sekolah.



4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Jumlah tenaga pendidik sekolah ini sebanyak 75 orang yakni 66 guru PNS dan 9 orang guru honorer. Hampir semua guru sudah memenuhi kualifikasi pendidikan S1, kecuali ada  beberapa orang yang belum berkualifikasi pendidikan S1 yaitu 7 orang Diploma 1 ( D1 ) / diploma 2 ( D2 ),serta 5 orang Diploma ( D3).
          Tenaga kependidikan berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 6 orang tenaga kependidikan PNS dan 8 orang tenaga kependidikan yang honorer dengan kualifikasi Akademik, 3 orang berpendidikan S1, 12 orang  berpendidikan SMA.
Guru Konselor sebanyak 6 orang sudah memiliki kualifikasi akademik S1 sesuai latar belakang pendidikannya.

5. Standar Sarana dan Prasarana
SMP Negeri 1 Siak Hulu memiliki luas lahan 20.000 m2 dengan luas bangunan 2.450 m2 dengan jumlah ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar sebanyak 30 ruang kelas dengan luas masing-masing 63 m2 per ruang kelas. Setiap ruang kelas masing –masing memiliki dua white board yaitu papan petak dan papan biasa, satu meja dan satu kursi guru, masing-masing satu meja dan satu kursi untuk setiap siswa.
Ruang kantor guru berukuran 133 m2 memuat 60 pasang meja dan kursi guru, 1 papan white board, 1 meja panjang dibagian depan tempat Kepala Sekolah memimpin rapat. Ruang kantor guru sudah memenuhi standar sarana prasarana, karena ruang kantor dengan luas 133 m2 ditempati oleh 60 orang guru (3 orang wakil kepala sekolah berada pada ruang yang terpisah). Ruang kantor guru mempunyai 4 kamar kecil (WC), 1 buah jam dinding, serta dilengkapi dengan gambar Presiden dan Wakil Presiden. Untuk kenyamanan diwaktu panas, ruang kantor guru juga dilengkapi dengan 8 buah kipas angin. Ruang Kepala Sekolah berukuran 20 m2, terdapat 2 buah lemari bku, 1 pasang meja dan kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu, 1 lemari piala, 1 papan struktur organisasi sekolah, gambar Presiden dan Wakil Presiden dan 1 buah ruang wakil kepala sekolah berukuran 12 m2 terdapat 3 pasang meja dan kursi, 1 buah lemari buku serta tempat sarana dan prasarana lainnya.
Ruang tata usaha, berukuran 42 m2, terdapat 6 meja dan kursi, 3 buah lemari penyimpanan arsip, 1 buah rak tempat map berupa file masing-masing guru dan pegawai tata usaha, dan  buah filing kabinet tempat dokumen-dokumen penting, dan 1 pasang meja dan kursi tamu. Ruang perpustakaan berukuran 144 m2 yang di dalamnya 8 buah meja untuk membaca,kursi 12 buah,2 buah lemari, 2 buah rak buku, 2 buah meja kerja, 1 buah TV,1 buah digital, 1 buah laptop, dan 1 buah komputer dan dilengkapi dengan berbagai koleksi buku referensi dan buku-buku pengayaan serta berbagai jenis buku sastra. Labor IPA berukuran 108  m2 terdapat 4 buah lemari tempat alat-alat praktikum biologi, 8 meja praktikum, 8 bangku panjang . Laboratorium Komputer berukuran 45 m2 ( bagian dari ruang perpustakaan ) memuat 15 unit komputer, 1 buah papan tulis, 1 pasang meja dan kursi guru , dilengkapi dengan 15  buah meja osin. Tempat Beribadah berukuran 225 m2 yang di dalamnya terdapat 1 buah lemari dan 1 buah ampli fire. Ruang UKS berukuran 6 m2, yang didalamnya terdapat 2 buah lemari tempat penyimpanan alat-alat UKS . Ruang gudang berukuran 12 m2 yang memuat alat-alat yang tidak terpakai lagi karena rusak dan lain-lain dan termasuk alat-alat olah raga.

6. Standar Pengelolaan
            Visi dan Misi serta tujuan pendidikan SMP Negeri 1 Siak Hulu sudah disosialisasikan kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan. Visi dan Misi sekolah juga dipajang di dinding samping ruang kantor guru. Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Tahunan (RKT) ataupun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah, sehingga RKAS disusun oleh tim pengembang sekolah. RKAS yang disusun sekolah sudah mengacu kepada rekomendasi EDS, dan sudah mengelompokkan kedalam delapan standar.
            Kegiatan supervisi sudah dilaksanakan secara berskala dan berkelanjutan sehingga dapat mengukur dan menilai kinerja guru untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam peningkatan hasil belajar siswa.
7. Standar Pembiayaan
            SMP Negeri 1 Siak Hulu  mempunyai RKAS yang disusun tim yang dibentuk oleh sekolah dengan melibatkan semua wakil kepala sekolah, pengelola laboratorium dan beberapa orang guru. Penyusunan RKAS sudah melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan, namun pihak komite pada waktu penyusunan RKAS tidak semua anggota hadir namun demikian tetap mempertimbangkan usulan-usulannya. Sumber keuangan sekolah masih tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana rutin dan dana BOS. Sekolah belum mampu untuk mencari sumber keuangan lain kecuali dari komite, berupa sumbangan orang tua siswa yang digunakan untuk pembangunan fisik sekolah. Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Laporan keuangan sekolah hanya ditujukan kepada pemerintah sebagai pemberi dana dan juga kepada komite sekolah.

8. Standar Penilaian Pendidikan
            Sebagian guru mata pelajaran sudah menyusun rencana penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta KKM yang telah ditetapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran dan sudah diinformasikan oleh semua guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan menyampaikan kembali sebelum pelaksaaan ulangan harian.
            Guru melaksanakan penilaian melalui pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional. Penilaian melalui ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru masing-masing mata perlajaran. Setiap guru menyampaikan hasil penilaian sikap dan akademik siswa kepada Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum. Hasil penilaian dijadikan dasar bagi guru sebagai koreksi untuk melakukan perbaikan pembelajaran berikutnya. Penilaian mengacu pada Kurikulum 2013.


B.     KONDISI SMP NEGERI 6 SIAK HULU (MAGANG 2)
SMPN 6 Siak Hulu berlokasi di desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sekolah ini berdiri Tahun 2013, berdiri diatass tanah seluas 9907M2, dengan luas bangunan seluas 1251 M2.
Guru – guru pada umumnya menetap dilokasi, namun ada beberapa guru yang balik hari dari kota Pekanbaru maupun tetangga kecamatan.

Visi SMP Negeri 6 Siak Hulu
Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut; perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta peurbahan perilaku dan moral manusia, era informaasi, dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga Visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi sekolah merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa mendatang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional yang dirumuskan secara bersama sama oleh masyarakat dengan mempertimbangan kebutuhan masyarakat.
Adapun Visi SMP NEGERI 6 SIAK HULU ialah “ TERWUJUDNYA GENERASI YANG UNGGUL DALAM PRESTASI, BERBUDAYA BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA”.
Misi SMP NEGERI 6 SIAK HULU
1.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara terencana, sistematis, efektif dan berkelanjutan sehingga setiap siswa dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2.      Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah sehingga mampu berprestasi dalam berbagai kegiatan.
3.      Melaksanakan pelayanan secara arif dan bijak kepada warga sekolah dan masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai nilai moral sehingga terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif sehat dan bersahabat.
4.      Mendorong dan menumbuhkan semangat semua warga sekolah untuk belajar, berkarya, berprestasi, dan disiplin serta bertanggung jawab.
5.      Menanamkan tekat dalam penghayatan ajaran agama baik dalam lingkungan sekolah, masyarakat maupun pribadi untuk mensukseskan kampar sebagai kota beriman.

Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah yang kami laksanakan merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut :
1.      Rerata selisih nilai akhir sisiwa minimal 0,5 (UN/US)
2.      Memiliki kurikulum memenuhi standar nasional pendidikan dari kelas VII s.d IX untuk semua mata pelajaran
3.      Proses pemeblajaran memenuhi standar Nasional pendidikan dengan melaksanakan CTL
4.      Parasana, saraa, media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
5.      Fungsi – fungsi pengelolaan sekolah 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan
6.      100 % Guru  melaksanakan system penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau Standar Nasional Pendidikan.
7.      Memiliki tim kesenian yang mampu mengangkat kesediaan daerah n tampil sebagai finalis pada acara setingkat Kabupaten.
8.      Memiliki tim olahraga yang tangguh dan dapat mengikuti kegiatan event olahraga sebagai finalis tingkat kabupaten.
9.       Memiliki warga sekolah yang  agamis dan berbudaya tinggi
10.  Memiliki warga sekolah yang disiplin dalam beraktifitas
11.  Memiliki warga sekolah yang santun dalam berprilaku.
12.  Berrestasi dalam keagamaan, UN, IPTEK, Pengembangan diri dan 5K sera pemberian pelayanan terhadap siswa, orang tua dan masyarakat
13.  Menjalankan pola hidup bersih, bugar dan sehat
14.  Mampu berbahasa inggris secara aktif
15.  Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih
16.  Mampu mengoperasikan komputer aktif  untuk progran word, excel dan disain grafis.
17.  Mampu melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.


Untuk mengenal sekolah ini lebih jauh, dapat kita lihat profil SMPN 6 Siak Hulu dibawah ini :
1.      Nama Sekolah                               : SMP Negeri 6 Siak Hulu
2.      Alamat                                          : Jl. Kayu Aro Desa Tanah  Merah
  Kec. Siak Hulu
3.      NPSN                                            : 10497711
4.      Jenjang Akreditasi                        : A
5.      Nama Kepala Sekolah                   : MOHD. TOHIR, S.Pd
NO. Telepon/HP                           : 08127657470
Kategori Sekolah                          : Reguler
6.      Tahun didirikan. Thn Beroperasi  : 2012/2013
7.      Kepemilikan Tanah/Lahan            :
a.       Luas Tanah/Status                         : 9907/Hibah
b.      Luas Bangunan                             : 1251 M2
8.      No. Rek. Rutin Sekolah                : 136-38-00041
Nama Bank                                   : BANK RIAU
Capem                                           : Bangkinang
9.      Data siswa dalam 4 Tahun Terakhir :
Tahun Pelajaran
Jlh. Pend. Cln Siswa Baru
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jlh (Kls VII+ VIII+IX)
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
2015/2016
157 org
157 org
6 Rbl
160 org
6 rbl
126 org
4
443 org
16 rbl
2016/2017
195 org
195 org
7 rbl
154 org
6 rbl
152 org
6 rbl
501 org
19 rbl
2017/2018
186 org
186 org
7 rbl
198 org
7 rbl
150 org
6 rbl
534 org
20 rbl
2018/2019
201 org
201 org
6 rbl
184 org
6 rbl
183 org
7 rbl
568 org
19 rbl
10.     Data Ruang Kelas

Ukuran


7 X 9 M2
>63 M2
<63 M2
(d)
(a)
(b)
(c)
(a+b+c)


Ruang Kelas
10
-
-
10
-
10

11.     Data Ruang Lain
No
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (M2)
1
Perpustakaan
1
18X9
2
Lap IPA Biologi
-
-
3
Lab. IPA Fisika
-
-
4
Lab. Multimedia
-
-
5
Kantor
I
18 X 9
6
Lab. Keterampilan
-
-
7
Lab. Komputer
-
-
8
Asrama Guru
-
-
9
R. Serba Guna
-
-
10
Musholla
1
9 X 9

12.     Data Tenaga Pendidik dan Tata Usaha
No
Tenaga Pendidik /TU
Jumlah
Keterangan
1
Tenaga Pendidik (Guru PNS)
26 Orang

2
Tenaga Kontrak Propinsi
7 Orang

3
Guru Honor Sekolah
13 Orang

4
Pustakawan
1 Orang

5
Laboran (IPA/Bahasa Komputer)
1 Orang

6
Staff Tata Usaha
3 Orang

7
Satpam Sekolah
1 Orang

8
Penjaga Sekolah/Cleaning Service
1 Orang


1.      Standar Isi
SMPN 6 Siak Hulu telah memiliki kurikulum sendiri yang dikembangkan dengan menggunakan panduan yang disusun BSNP, sudah mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran (secara global)
Kurikulum sekolah memuat 10 mata pelajaran muatan nasional, 3 mata kelas VII, VII, dan IX yang memakai kurikulum 2006 (KTSP).
Berikut disajikan Struktur Kurikulum SMP Negeri 6 Siak Hulu :

KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran
1.      Pendidikan Agama

3

2

2
2.      Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.      Bahasa Indonesia
4 + 1 *
4 + 1 *
4 + 1 *
4.      Bahasa Inggris
4 + 1 *
4 + 1 *
4 + 1 *
5.      Matematika
4
4
4
6.      Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7.      Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.      Seni Budaya
2
2
2
9.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
10.  Teknologi Informasi dan Komunikasi
1
2
2
B.  Muatan Lokal
-          Budaya Melayu Riau
-          Adat Istiadat Melayu Riau
-          Kesenian Melayu Riau

2


2



2
C.     Pengembangan Diri (Bimbingan Karir)
2**
2**
2**
Jumlah
36
36
36
*) Tambahan alokasi jam pelajaran
**) ekuivalen 2 jam pembelajaran
Pelaksanaan Remedial di SMPN 6 Siak Hulu dilaksanakan untuk indikator yang belum tuntas yaitu :
1.      Remedial dilaksanakan maksimal 2 kali
2.      Nama yang tidak tuntas kurang dari 25 % dilakukan remedial individu, kegiatan yang dilakukan dapat berupa pemberian tugas.
3.      Siswa yang tidak tuntas lebih dari 25 % dilakukan remedial teaching secara klasikal dengan mengulang kembali indikator atau KD yang belum tuntas dan dilakukan ujian kembali.
4.      Nilai remedial tidak boleh melebihi nilai KKM yang ditetapkan

Pengayaan
1.      Pengayaan dilakukan bagi siswa yang sudah tuntas
2.      Pengayaan dapat dilakukan pada jam efektif atau pun diluar jam efektif
3.      Bentuk pengayaan dapat berupa tugas individu atau berkelompok
Bagi siswa yang belum mencapai hasil kriteria ketuntasan minimal dalam kompetensi hanya diberikan kesempatan belajar sendiri indikator-indikator kompetensi yang belum dikuasai ataupun yang ingin dikembangkan.
Program kegiatan ekstra kurikuler disediakan mengacu pada kebutuhan pengembangan kepribadian siswa, program kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan yakni pramuka, bidang kesenian, bidang olahraga maupun English Club.



2. Standar Proses
Silabus yang digunakan untuk kelas VII, VIII, dan IX dikembangkan oleh guru – guru berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP. Kegiatan penyusunan dan pengembangan silabus dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok dalam pertemuan MGMP mata pelajaran. Silabus yang dikembangkan oleh guru – guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran sendiri namun sebagian masih mencontoh silabus dari sekolah – sekolah lain dengan beberapa perbaikan – perbaikan.
Sebagian dari guru memiliki Rencana Pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip –prinsip perencanaan pembelajaran sesuai standar proses baik mata pelajaran muatan nasional maupun mata pelajaran muatan lokal. Seperti halnya silabus kegiatan penyusunan RPP juga dilakukan oleh guru – guru secara mandiri ataupun berkelompok dalam pertemuan MGMP mata pelajaran. RPP yang disusun guru masih mempedomani RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan – perubahan.
Namun tentu ada juga beberapa guru yang telah menyususn RPP berdaraskan hasil pemikiran sendiri ataupun berkelompok dengan memperhatikan langkah – langkah sesuai permendiknas No. 22 tahun 2016 tentang standar proses.
Metode pembelajaran yang dirancang guru – guru dalam silabus dan RPP  sebagiann sudah menggunakan metode interaktif, inspiratif, kreatif, menantang dan memotivasi siswa, walaupun belum seluruhnya.
Untuk meningkatkan mutu pelaksanaan proses pembelajaran dikelas Kepala SMPN 6 Siak Hulu dibantu wakil kepala sekolah dan para guru senior melakukan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
3. Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai hasil ujian nasional tahun pelajaran 2017/2018 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ; Rata Ujian Nasional, 45,18, nilai tertinggi 68,00 dan nilai terendah 24,00 : Bahasa Inggris : Rata – rata Ujian Nasional 37,57, nilai tertinggi 64.00 dan nilai terendah 22,00 : Matematika ; Rata – rata Ujian Nasional 39,13, nilai tertinggi 47,5 dan nilai terendah 12,5 : IPA : Rata – rata Ujian Nasional 36,90 : nilai tertinggi 62,5 dan terendah 17,5 

4. Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
Jumlah tenaga pendidik di SMPN 6 Siak Hulu sebanyak 46 orang, 43 guru telah memiliki ijazah sarjana (S1), dan 1 orang D3 dan 2 orang lulusan D2. Guru Bimbingan Konseling dan Guru Penjaskes hanya ada guru Komite.
Tenaga kependidikan di SMPN 6 Siak Hulu sebanyak 1 orang lulusan S1 dan 2 Orang lulusan SMA. Kepala perpustakaan sudah memenuhi standar, karena sudah berkualifikasi akademik pendidikan S1, tetapi fasilitas di perpustakaan masih jauh dari yang diharapkan dimana buku – buku penunjang jumlahnya masih kurang.

5. Standar Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar sebanyak 10 ruang kelas dengan luas masing-masing 72 M2 per ruang kelas. Setiap ruang kelas masing-masing memiliki satu whiteboard, sepasang meja dan kursi guru, dan untuk meja dan kursi siswa disesuaikan dengan jumlah siswa yaitu di kelas VII ada sebanyak 30 pasang, di kelas VIII ada sebanyak 30 pasang, dan di kelas IX ada sebanyak 30 pasang.
Ruang kantor guru berukuran 8 x 9 M2 memuat 25 pasang meja dan kursi guru, 1 buah lemari arsip sekolah, 1 buah jam dinding. Ruang kantor guru memenuhi standar sarana dan prasarana. Ruang perpusakaan sudah memenuhi standar sarana prasarana karena ruang perpustakaan ini dapat bantuan dari pusat, semua jumlah buku umum masih kurang.
Ruang kepala sekolah berukuran 5 x 8 berisikan 2 buah lemari arsip sekolah, 2 meja dan kursi kepala sekolah, 2 set kursi tamu. Gudang belum dimiliki oleh sekolah kami ini, sehingga tidak ada tempat penyimpanan barang, akibatnya banyak barang – barang sekolah tidak terletak pada tempatnya. Sementara itu Labor Komputer dan IPA masih ditempatkan pada Ruang sementara, belum memadai.
WC sudah memenuhi standar sarana prasarana, jumlah WC yang ada sebanyak 8 WC untuk 287 siswa, kemudian tata letak WC sudah sesuai .

6.   Standar Pengelolaan
Visi dan misi serta tujuan pendidikan SMPN 6 Siak Hulu sudah disosialisasikaan kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan melalui rapat komite. Rencana kerja sekolah (RKS), rencana kerja tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah. Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) yang disusun belum seluruhnya berdasarkan rekomendasi dari evaluasi diri sekolah (EDS) akan tetapi sudah mengacu kepada delapan standar nasional pendidikan.
Kegiatan supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan sehingga sudah merupakan program semester dan dipergunakan untuk menilai kinerja guru dalam rangka melakukan perbaikan – perbaikan terutama untuk peningkatan hasil belajar siswa.

7.   Standar Pembiayaan
SMPN 6 Siak Hulu mempunyai RKAS yang disusun oleh kepala sekolah dengan melibatkan wakil kepala sekolah, bendahara BOS dan beberapa orang guru. Sumber keuangan sekolah dari bantuan pemerintah berupa dana BOS dan BOSDA.
Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Laporan keuangan sekolah hanya ditujukan kepada pemerintah sebagai pemberi dana.
8. Standar Penilaian Pendidikan
            Sebagian guru mata pelajaran sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan masing-masing guru mata pelajaran diinformasikan oleh semua guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan disampaikan kembali kepada siswa sebelum ulangan harian.
            Berikut ini tabel nilai kriteria ketuntasan minimal yang menjadi Target Pencapaian Kompetensi (TPK) di SMP Negeri 6 Siak Hulu yang berlaku saat ini :
NO
MATA PELAJARAN
KKM (%)
1.
Pendidikan Agama
80
2.
PPKN
80
3.
Bahasa Indonesia
80
4.
Bahasa Inggris
76
5.
Matematika
76
6.
IPA
76
7.
IPS
78
8.
Seni Budaya
80
9.
Penjaskes
80
10.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
79
B
Muatan Lokal
80
Setiap guru menyampaikan hasil penilaian sikap dan akademik siswa kepada kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Hasil penilaian dijadikan dasar bagi sebagian guru sebagai koreksi untuk melakukan perbaikan pembelajaran berikutnya.
C.   PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN DI LAPANGAN
Pelaksanaan Kegiatan  On The Job Learning bagi peserta diklat calon kepala sekolah di sekolah-sekolah magang merupakan sarana pembelajaran dan tempat latihan dalam menjalani peran dan fungsi seorang Kepala Sekolah. Di sekolah magang  penulis berusaha untuk beradaptasi dengan warga sekolah tempat magang, dan ternyata  dilapangan menjalani peran kepala sekolah bukanlah hal yang gampang, dan ada beberapa masalah yang penulis temukan dilapangan.
Permasalahan penulis dilapangan antara lain adalah masalah pengaturan waktu, karena penulis adalah Guru Bahasa Inggris  yang mengajar 28 JP dan penulis juga mendapat tugas tambahan sebagai Wali kelas dan salah satu Tim Persiapan Sekolah Rujukan Kabupaten  yang sangat sibuk dengan pekerjaan sekolah, serta jarak antara sekolah magang satu ( induk ) dengan sekolah magang ke-2 cukup jauh.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB III

BAB III PELAKSANAAN   RENCANA TINDAK LANJUT ( RTL ) A.       Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan ( RTK ) 1.          Judul RTK Berdasarkan hasil evaluasi dari lima kompetensi diatas yang akan penulis kembangkan dalam kegiatan OJL ini adalah dimensi manajerial. Untuk meningkatakn kompetensi tersebut penulis harus membuat rencana tindakan kepemimpinan (RTK). Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK) yang penulis buat yaitu yang berhubungan dengan kompetensi supervisi dengan judul : “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun   RPP berorientasi HOTS Melalui Pelatihan di SMP Negeri 1 Siak Hulu “   pilihan judul ini berdasarkan pertimbangan Penulis yang sengaja mengambil judul ini karena penulis melihat umumnya para guru di SMPN 1 Siak Hulu kurang mampu menyusun RPP berorientasi HOTS yang pada saat ini harus bisa disusun sendiri oleh para guru sesuai dengan perkembangan perangkat pembelajaran pad...

MAKALAH PRODUKSI DAN FUNGSI BIAYA DALAM PENDIDIKAN

MAKALAH PRODUKSI DAN FUNGSI BIAYA DALAM PENDIDIKAN Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Makhdalena, SE,M.Si., Ak, CA Disusun oleh : N E L L I     W I R D A NIM.1910246871 PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 2019 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pendidikan adalah tanggung jawab negara dan masyarakat, tanggung jawab kita bersama, termasuk dalam hal pembiayaan pendidikan, dapat dikatakan bahwa proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya. Dalam konteks perencaaan pendidikan, pemahaman tentang anatomi dan problematik pembiayaan pendidikan amat diperlukan. Berdasarkan pemahaman ini dapat dikembangkan kebijakan pembiayaan pendidikan yang lebih tepat dan adil serta mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Perlu kita pahami bersama bahwa p...