BAB II
KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG
A.
KONDISI SMP NEGERI 1 SIAK HULU (MAGANG 1)

SMP Negeri 1 Siak Hulu berada pada lingkungan yang tidak
luput dari dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. SMP Negeri 1 Siak Hulu berada diperbatasan dengan
kota Pekanbaru dan dekat dengan jalan lintas dan berada ditengah perkampungan
sehingga dibutuhkan suatu kedisiplinan terhadap siswa, jika ada siswa yang tidak mengikuti proses
pembelajaran di sekolah pada jam belajar sekolah, apabila berada dijalanan atau
tempat lainnya, masyarakat sering kali memberikan informasi ke sekolah tentang
keberadaan siswa tersebut. Berdasarkan informasi masyarakat itu, sekolah dapat
kembali mengevaluasi tentang
proses pendisiplinan siswanya, sehingga proses pembelajaran benar-benar diikuti
oleh seluruh siswa. Kondisi yang seperti ini sangat menunjang sekali terhadap
keberhasilan sekolah.
Tahun pelajaran 2018/2019 ini SMP Negeri 1 Siak Hulu membina
sebanyak 1000 siswa yang
terbagi kedalam 30 rombongan
belajar dimana setiap ruang kelas menampung rata-rata sebanyak 32 orang. SMP Negeri 1 Siak Hulu memiliki tenaga pendidik (guru) sebanyak 75, yakni 66 orang guru PNS, 9 orang guru honorer, sedangkan tenaga
kependidikan berjumlah 14
orang dengan 6 orang PNS dan 8 orang
pegawai honorer. Sekolah ini
memiliki sarana dan prasarana belajar 30 ruang kelas, 1 ruang
Kepala Sekolah, 1 ruang wakil Kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang TU, 1 ruang
operator komputer, 1 ruang BK, 1 ruang perpustakaan, 1 laboraturium komputer, 1 laboraturium IPA ( Biologi dan Fisika), 1
ruang UKS, 1 buah Mushalla, 5 buah
kantin siswa, 1 buah koperasi siswa serta 4
buah wc guru, 16 buah wc siswa.
Visi, Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan SMP Negeri 1 Siak Hulu
Visi SMP Negeri 1 Siak Hulu
Visi SMP Negeri 1 Siak
Hulu adalah sebagai berikut:
“TERWUJUDNYA WARGA SMP NEGERI 1
SIAK HULU TAPREBUWALIGEN (Taqwa, Berprestasi, Berwawasan Lingkungan dan Gender)
Tahun 2020 ”
Misi :
1. Menyelenggarakan Pendidikan yang Membentuk
Anak Didik yang Beriman dan Bertaqwa dengan dibekali Ilmu Pengetahuan,
Keterampilan, dan Teknologi
2. Meningkatkan Kompetensi dan
Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3. Melaksanakan Pendidikan untuk semua yang
Menghargai Perbedaan dan Mencerminkan Kesetaraan Gender serta Peduli Lingkungan
4. Melaksanakan Pembelajaran yang
Menyenangkan Berdasarkan Manajemen
yang Sehat dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Modern.
Tujuan Sekolah
1. Terwujudnya
pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif, efisien dan menyenangkan
2. Terlaksananya
pergaulan yang bernuansa islami
3. Terlaksananya
pembelajaran berbasis Iptek dan Imtaq
4. Terciptanya
generasi yang disiplin, sehat, aktif kreatif dan bersih
5. Terciptanya
generasi yang mampu bersaing di bidang akademik dan non akademik
6. Terbangunnya
warga sekolah yang mencintai, memelihara kebersihan dan melestarikan lingkungan
hidup.
IDENTITAS
SEKOLAH
a. Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Siak Hulu
b. NSS
/ NPSN : 20.1140680.001 / 10400153
c. Tipe
Sekolah : A
d. Alamat
Sekolah : Jalan Kubang Jaya No. 128
Desa
Kubang
Kecamatan Siak Hulu
Kabupaten
Kampar
Provinsi Riau
e. Telepon : ( 0761 ) 72580
f. Status
Sekolah : Negeri
g. Nilai
Akreditasi Sekolah : A
Tabel 1. Data Siswa 4
(Empat) tahun terakhir SMP N 1 Siak Hulu
Data Siswa 4 (Empat
tahun terakhir)
Tahun
Pelajaran
|
Jlh.
Pend. Cln Siswa Baru
|
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jlh
(Kls VII+ VIII+IX)
|
||||
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
||
2015/2016
|
322 org
|
316
|
09 rbl
|
322
|
09 rbl
|
302
|
10 rbl
|
944
|
28 rbl
|
2016/2017
|
322 org
|
361
|
10 rbl
|
306
|
09 rbl
|
322
|
10 rbl
|
989
|
28 rbl
|
2017/2018
|
362 org
|
327
|
10 rbl
|
358
|
10 rbl
|
293
|
9 rbl
|
978
|
29 rbl
|
2018/2019
|
320
|
320
|
10 rbl
|
325
|
10 rbl
|
355
|
10 rbl
|
1000
|
30 rbl
|
DATA TANAH
Kepemilikan Tanah
Pemerintah/Status Tanah : SM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah *)
Luas Tanah Terbangun : 20.000 M2
Luas Tanah Siap Bangun : 2.450 M2
Luas Lantai Atas Siap Bangun : 252
M2
1. STANDAR ISI
SMP Negeri 1 Siak Hulu
menggunakan kurikulum K13 yang dikembangkan dengan menggunakan panduan yang
disusun BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Kelas
VII, VIII, dan Kelas IX menggunakan
kurikulum 2013 (K13). Satu jam pelajaran setara dengan 40 menit. Jumlah jam pelajaran tatap muka
sebanyak 38 jam pelajaran
perminggu. Adapun struktur kurikulum SMP Negeri 1 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2018-2019 dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
Tabel 2. Struktur Kurikulum SMP
Negeri 1 Siak Hulu
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
Kelompok A
|
|
|
|
Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok
B
|
|
|
|
Seni Budaya
|
4
|
4
|
4
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga,
dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
|
38
|
38
|
38
|
Pelaksanaan remedial di SMP Negeri
1 Siak Hulu:
1. Remedial
diberikan bagi siswa yang nilainya < KKM
2. Kegiatan
remedial dapat dilakukan diluar jam efektif
3. Remedial
dilaksanakan untuk masing-masing mata pelajaran minimal 3x
4. Nilai
hasil remedial tidak boleh melebihi nilai KKM mata pelajaran
5. Penilaian
kegiatan remedial dapat dilakukan melalui tes maupun penugasan
6. Jika
siswa yang tidak tuntas < 25% maka dilakukan remedial individu. Kegiatan
yang dilakukan dapat berupa pemberian tugas dan pembelajaran tutor sebaya
7. Jika
siswa yang tidak tuntas > 25 % maka dilakukan remedial teaching secara
klasikal dengan mengulang kembali indikator atau Kompetansi Dasar yang belum
tuntas, kemudian dilakukan tes/ulangan kembali.
Pengayaan
Program pengayaan adalah program pendalaman kompetensi yang diberikan
kepada peserta didik yang sudah mencapai kreteria ketuntasan minimal agar yang
bersangkutan memiliki kompetensi yang
lebih luas dan tinggi
1. Pengayaan
dilakukan bagi siswa yang sudah tuntas
2. Pengayaan
dapat dilakukan pada jam efektif maupun diluar jam efektif
3. Bentuk
pengayaan dapat berupa tugas individu/kelompok.
4. Nilai
pengayaan tidak mempengaruhi nilai ketuntasan belajar.
Kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan mengacu pada kebutuhan
pengembangan pribadi siswa, diantaranya kepramukaan, sepak bola, bola voli..
Pemenuhan akan kebutuhan pengembangan pribadi siswa dilakukan dengan
menyediakan layanan bimbingan dan konseling ( BK ).
2. Standar Proses
Perencanaan pembelajaran
dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
mengacu pada Standar Isi. Silabus Pembelajaran telah dikembangkan secara
Nasional Oleh Kemendikbud.
Guru-guru memiliki Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip
perencanaan pembelajaran baik mata pelajaran muatan nasional maupun mata pelajaran
muatan lokal. Kegiatan penyusunan RPP dilakukan oleh guru-guru secara
mandiri ataupun berkelompok dalam pertemuan MGMP. RPP yang disusun oleh guru-guru
sebagian masih mencontoh RPP sekolah lain dengan beberapa perubahan-perubahan.
Namun ada juga beberapa guru yang telah menyusun RPP berdasarkan hasil
pemikiran sendiri ataupun kelompok dengan memperhatikan lingkungan
sekolah/siswa dan karakteristik peserta didik.
Metode pembelajaran yang dirancang
guru-guru dalam RPP sebagian sudah menggunakan metode yang interaktif,
inspiratif, kreaktif dan memotivasi siswa. Sebagian guru masih ada menggunakan
pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran langsung. Buku-buku yang
disediakan sekolah boleh dikatakan sudah lengkap dengan perbandingan satu buah buku
untuk satu orang siswa. Untuk
meningkatkan mutu pelaksanana proses pembelajaran dikelas, pengawas, Kepala SMP
Negeri 1 Siak Hulu, Wakil Kepala Sekolah dan Guru Senior yang kompeten,
melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.
3. Standar Kompetensi Kelulusan.
Perolehan
nilai hasil ujian nasional tahun
pelajaran 2017/2018 di SMPN 1 Siak Hulu untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia; Rata-rata Ujian
Nasional 43,19, nilai tertinggi 82,00 dan nilai terendah 20,00. Bahasa Inggris :
Rata – rata Ujian Nasional 37,90, nilai tertinggi 60,00 dan nilai terendah 20,00.
Matematika; Rata-rata Ujian Nasional
30,49, nilai
tertinggi 55,00 dan nilai terendah 12,5. IPA: Rata – rata Ujian Nasional 37,98,
nilai tertinggi 67,00 dan nilai terendah 17.50.
Untuk mengembangkan
nilai-nilai keagamaan khususnya Islam dan budaya masyarakat Kabupaten Kampar, SMP
Negeri 1 Siak Hulu melaksanakan kegiatan keagamaan sholat zuhur berjamaah.
Sedangkan untuk meningkatkan budaya membaca di SMP Negeri 1 Siak Hulu diadakan
literasi Sekolah.
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Jumlah tenaga pendidik sekolah ini sebanyak 75 orang yakni 66 guru PNS dan 9 orang guru honorer. Hampir semua guru
sudah memenuhi kualifikasi pendidikan S1, kecuali ada beberapa
orang yang belum berkualifikasi pendidikan S1 yaitu 7 orang Diploma 1 ( D1 ) / diploma 2 ( D2 ),serta 5 orang Diploma ( D3).
Tenaga kependidikan berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 6 orang tenaga kependidikan PNS dan
8 orang tenaga kependidikan
yang honorer dengan kualifikasi Akademik, 3 orang berpendidikan S1, 12 orang berpendidikan SMA.
Guru Konselor
sebanyak 6 orang sudah
memiliki kualifikasi akademik S1 sesuai latar belakang pendidikannya.
5. Standar Sarana dan Prasarana
SMP Negeri 1 Siak Hulu memiliki luas lahan 20.000 m2 dengan luas bangunan 2.450 m2 dengan jumlah ruang kelas yang digunakan sebagai tempat proses
belajar mengajar sebanyak 30
ruang kelas dengan luas masing-masing 63 m2 per ruang kelas. Setiap ruang kelas
masing –masing memiliki dua white board yaitu papan petak dan papan biasa, satu
meja dan satu kursi guru, masing-masing satu meja dan satu kursi untuk setiap
siswa.
Ruang kantor guru berukuran 133 m2 memuat 60
pasang meja dan kursi guru, 1 papan white board, 1 meja panjang dibagian depan
tempat Kepala Sekolah memimpin rapat. Ruang kantor guru sudah memenuhi standar
sarana prasarana, karena ruang kantor dengan luas 133 m2 ditempati oleh 60 orang guru (3 orang wakil kepala sekolah
berada pada ruang yang terpisah). Ruang kantor guru mempunyai 4 kamar kecil
(WC), 1 buah jam dinding, serta dilengkapi dengan gambar Presiden dan Wakil
Presiden. Untuk kenyamanan diwaktu panas, ruang kantor guru juga dilengkapi
dengan 8 buah kipas angin. Ruang
Kepala Sekolah berukuran 20 m2, terdapat 2 buah lemari bku, 1 pasang meja dan
kursi kepala sekolah, 1 set kursi tamu, 1 lemari piala, 1 papan struktur
organisasi sekolah, gambar Presiden dan Wakil Presiden dan 1 buah ruang wakil
kepala sekolah berukuran 12 m2 terdapat 3 pasang meja dan kursi, 1 buah lemari
buku serta tempat sarana dan prasarana lainnya.
Ruang tata usaha, berukuran 42 m2, terdapat 6 meja dan kursi, 3 buah
lemari penyimpanan arsip, 1 buah rak tempat map berupa file masing-masing guru
dan pegawai tata usaha, dan buah filing
kabinet tempat dokumen-dokumen penting, dan 1 pasang meja dan kursi tamu. Ruang
perpustakaan berukuran 144 m2 yang di dalamnya 8 buah meja untuk membaca,kursi
12 buah,2 buah lemari, 2 buah rak buku, 2 buah meja kerja, 1 buah TV,1 buah
digital, 1 buah laptop, dan 1 buah komputer dan dilengkapi dengan berbagai
koleksi buku referensi dan buku-buku pengayaan serta berbagai jenis buku
sastra. Labor IPA berukuran 108 m2 terdapat 4 buah lemari tempat alat-alat
praktikum biologi, 8 meja praktikum, 8 bangku panjang . Laboratorium Komputer
berukuran 45 m2 ( bagian dari ruang perpustakaan ) memuat 15 unit komputer, 1
buah papan tulis, 1 pasang meja dan kursi guru , dilengkapi dengan 15 buah meja osin. Tempat Beribadah berukuran
225 m2 yang di dalamnya terdapat 1 buah lemari dan 1 buah ampli fire. Ruang UKS
berukuran 6 m2, yang didalamnya terdapat 2 buah lemari tempat penyimpanan
alat-alat UKS . Ruang gudang berukuran 12 m2 yang memuat alat-alat yang tidak
terpakai lagi karena rusak dan lain-lain dan termasuk alat-alat olah raga.
6. Standar Pengelolaan
Visi dan Misi serta tujuan pendidikan
SMP Negeri 1 Siak Hulu sudah disosialisasikan kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku kepentingan.
Visi dan Misi sekolah juga dipajang di dinding samping ruang kantor guru.
Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Tahunan
(RKT) ataupun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah (RKAS) sudah disosialisasikan kepada warga sekolah, sehingga
RKAS disusun oleh tim pengembang sekolah. RKAS yang disusun sekolah sudah mengacu kepada rekomendasi
EDS, dan sudah mengelompokkan
kedalam delapan standar.
Kegiatan supervisi sudah
dilaksanakan secara berskala dan berkelanjutan sehingga dapat mengukur dan menilai kinerja guru
untuk melakukan perbaikan-perbaikan terutama dalam peningkatan hasil belajar
siswa.
7. Standar Pembiayaan
SMP
Negeri 1 Siak Hulu mempunyai RKAS yang
disusun tim yang dibentuk oleh sekolah dengan melibatkan semua wakil kepala
sekolah, pengelola laboratorium dan beberapa orang guru. Penyusunan RKAS
sudah melibatkan secara langsung pihak komite sekolah ataupun pemangku kepentingan yang relevan, namun
pihak komite pada waktu penyusunan RKAS tidak semua anggota hadir namun
demikian tetap mempertimbangkan usulan-usulannya. Sumber keuangan sekolah masih
tergantung pada bantuan pemerintah berupa dana rutin dan dana BOS. Sekolah
belum mampu untuk mencari sumber keuangan lain kecuali dari komite, berupa
sumbangan orang tua siswa yang digunakan untuk pembangunan fisik sekolah. Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah
dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Laporan keuangan sekolah
hanya ditujukan kepada pemerintah sebagai
pemberi dana dan juga kepada komite sekolah.
8. Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian guru mata pelajaran sudah menyusun
rencana penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta KKM
yang telah ditetapkan oleh masing-masing guru mata pelajaran dan sudah
diinformasikan oleh semua guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan
menyampaikan kembali sebelum pelaksaaan ulangan harian.
Guru melaksanakan penilaian melalui
pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester,
ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional. Penilaian melalui
ulangan harian dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat oleh guru
masing-masing mata perlajaran. Setiap guru menyampaikan hasil penilaian sikap
dan akademik siswa kepada Kepala Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah bagian
Kurikulum. Hasil penilaian dijadikan dasar bagi guru sebagai koreksi untuk
melakukan perbaikan
pembelajaran berikutnya. Penilaian
mengacu pada Kurikulum 2013.
B.
KONDISI
SMP NEGERI 6 SIAK HULU (MAGANG 2)
SMPN 6 Siak Hulu
berlokasi di desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sekolah
ini berdiri Tahun 2013, berdiri diatass tanah seluas 9907M2, dengan
luas bangunan seluas 1251 M2.
Guru – guru pada
umumnya menetap dilokasi, namun ada beberapa guru yang balik hari dari kota
Pekanbaru maupun tetangga kecamatan.
Visi
SMP Negeri 6 Siak Hulu
Sekolah sebagai unit
penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa
depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut; perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan cepatnya arus
perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta peurbahan perilaku dan
moral manusia, era informaasi, dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus
peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga Visi sekolah diharapkan
sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi sekolah merupakan citra moral
yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa mendatang. Namun demikian,
visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional yang
dirumuskan secara bersama sama oleh masyarakat dengan mempertimbangan kebutuhan
masyarakat.
Adapun Visi SMP NEGERI
6 SIAK HULU ialah “ TERWUJUDNYA GENERASI
YANG UNGGUL DALAM PRESTASI, BERBUDAYA BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA”.
Misi
SMP NEGERI 6 SIAK HULU
1. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara terencana, sistematis, efektif dan berkelanjutan
sehingga setiap siswa dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
2. Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah sehingga mampu
berprestasi dalam berbagai kegiatan.
3. Melaksanakan
pelayanan secara arif dan bijak kepada warga sekolah dan masyarakat dengan
menjunjung tinggi nilai nilai moral sehingga terciptanya lingkungan sekolah
yang kondusif sehat dan bersahabat.
4. Mendorong
dan menumbuhkan semangat semua warga sekolah untuk belajar, berkarya,
berprestasi, dan disiplin serta bertanggung jawab.
5. Menanamkan
tekat dalam penghayatan ajaran agama baik dalam lingkungan sekolah, masyarakat
maupun pribadi untuk mensukseskan kampar sebagai kota beriman.
Tujuan
Sekolah
Tujuan sekolah yang kami laksanakan
merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur
sebagai berikut :
1. Rerata
selisih nilai akhir sisiwa minimal 0,5 (UN/US)
2. Memiliki
kurikulum memenuhi standar nasional pendidikan dari kelas VII s.d IX untuk
semua mata pelajaran
3. Proses
pemeblajaran memenuhi standar Nasional pendidikan dengan melaksanakan CTL
4. Parasana,
saraa, media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar memenuhi Standar Nasional
Pendidikan.
5. Fungsi
– fungsi pengelolaan sekolah 100 % memenuhi Standar Nasional Pendidikan
6. 100
% Guru melaksanakan system penilaian
sesuai dengan tuntutan kurikulum atau Standar Nasional Pendidikan.
7. Memiliki
tim kesenian yang mampu mengangkat kesediaan daerah n tampil sebagai finalis
pada acara setingkat Kabupaten.
8. Memiliki
tim olahraga yang tangguh dan dapat mengikuti kegiatan event olahraga sebagai
finalis tingkat kabupaten.
9. Memiliki warga sekolah yang agamis dan berbudaya tinggi
10. Memiliki
warga sekolah yang disiplin dalam beraktifitas
11. Memiliki
warga sekolah yang santun dalam berprilaku.
12. Berrestasi
dalam keagamaan, UN, IPTEK, Pengembangan diri dan 5K sera pemberian pelayanan
terhadap siswa, orang tua dan masyarakat
13. Menjalankan
pola hidup bersih, bugar dan sehat
14. Mampu
berbahasa inggris secara aktif
15. Mampu
mendalami cabang pengetahuan yang dipilih
16. Mampu
mengoperasikan komputer aktif untuk
progran word, excel dan disain grafis.
17. Mampu
melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target
pilihan yang ditentukan sendiri.
Untuk mengenal sekolah
ini lebih jauh, dapat kita lihat profil SMPN 6 Siak Hulu dibawah ini :
1. Nama
Sekolah : SMP Negeri 6 Siak Hulu
2. Alamat : Jl. Kayu Aro Desa Tanah Merah
Kec. Siak Hulu
3. NPSN : 10497711
4. Jenjang
Akreditasi : A
5. Nama
Kepala Sekolah : MOHD. TOHIR, S.Pd
NO. Telepon/HP :
08127657470
Kategori Sekolah : Reguler
6. Tahun
didirikan. Thn Beroperasi : 2012/2013
7. Kepemilikan
Tanah/Lahan :
a. Luas
Tanah/Status : 9907/Hibah
b. Luas
Bangunan :
1251 M2
8. No.
Rek. Rutin Sekolah :
136-38-00041
Nama Bank : BANK RIAU
Capem :
Bangkinang
9. Data
siswa dalam 4 Tahun Terakhir :
Tahun
Pelajaran
|
Jlh.
Pend. Cln Siswa Baru
|
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jlh
(Kls VII+ VIII+IX)
|
||||
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
Jlh
Siswa
|
Jlh
Rombel
|
||
2015/2016
|
157 org
|
157 org
|
6 Rbl
|
160 org
|
6 rbl
|
126 org
|
4
|
443 org
|
16 rbl
|
2016/2017
|
195 org
|
195 org
|
7 rbl
|
154 org
|
6 rbl
|
152 org
|
6 rbl
|
501 org
|
19 rbl
|
2017/2018
|
186 org
|
186 org
|
7 rbl
|
198 org
|
7 rbl
|
150 org
|
6 rbl
|
534 org
|
20 rbl
|
2018/2019
|
201 org
|
201 org
|
6 rbl
|
184 org
|
6 rbl
|
183 org
|
7 rbl
|
568 org
|
19 rbl
|
10. Data
Ruang Kelas
|
Ukuran
|
|
|
|||
7 X 9 M2
|
>63 M2
|
<63 M2
|
(d)
|
|||
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(a+b+c)
|
|
|
|
Ruang Kelas
|
10
|
-
|
-
|
10
|
-
|
10
|
11. Data
Ruang Lain
No
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(M2)
|
1
|
Perpustakaan
|
1
|
18X9
|
2
|
Lap IPA Biologi
|
-
|
-
|
3
|
Lab. IPA Fisika
|
-
|
-
|
4
|
Lab. Multimedia
|
-
|
-
|
5
|
Kantor
|
I
|
18
X 9
|
6
|
Lab. Keterampilan
|
-
|
-
|
7
|
Lab. Komputer
|
-
|
-
|
8
|
Asrama Guru
|
-
|
-
|
9
|
R. Serba Guna
|
-
|
-
|
10
|
Musholla
|
1
|
9
X 9
|
12. Data
Tenaga Pendidik dan Tata Usaha
No
|
Tenaga Pendidik /TU
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Tenaga Pendidik (Guru PNS)
|
26 Orang
|
|
2
|
Tenaga Kontrak Propinsi
|
7 Orang
|
|
3
|
Guru Honor Sekolah
|
13 Orang
|
|
4
|
Pustakawan
|
1 Orang
|
|
5
|
Laboran (IPA/Bahasa Komputer)
|
1 Orang
|
|
6
|
Staff Tata Usaha
|
3 Orang
|
|
7
|
Satpam Sekolah
|
1 Orang
|
|
8
|
Penjaga Sekolah/Cleaning Service
|
1 Orang
|
|
1.
Standar
Isi
SMPN 6 Siak Hulu telah memiliki
kurikulum sendiri yang dikembangkan dengan menggunakan panduan yang disusun
BSNP, sudah mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat,
kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran (secara global)
Kurikulum sekolah memuat 10 mata
pelajaran muatan nasional, 3 mata kelas VII, VII, dan IX yang memakai kurikulum
2006 (KTSP).
Berikut disajikan Struktur
Kurikulum SMP Negeri 6 Siak Hulu :
KOMPONEN
|
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. Mata
Pelajaran
1. Pendidikan
Agama
|
3
|
2
|
2
|
2. Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa
Indonesia
|
4
+ 1 *
|
4
+ 1 *
|
4
+ 1 *
|
4. Bahasa
Inggris
|
4
+ 1 *
|
4
+ 1 *
|
4
+ 1 *
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6. Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
7. Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8. Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10. Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
1
|
2
|
2
|
B. Muatan
Lokal
-
Budaya Melayu Riau
-
Adat Istiadat Melayu
Riau
-
Kesenian Melayu Riau
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan
Diri (Bimbingan Karir)
|
2**
|
2**
|
2**
|
Jumlah
|
36
|
36
|
36
|
*) Tambahan alokasi jam pelajaran
**)
ekuivalen 2 jam pembelajaran
Pelaksanaan
Remedial di SMPN 6 Siak Hulu dilaksanakan untuk indikator yang belum tuntas
yaitu :
1. Remedial
dilaksanakan maksimal 2 kali
2. Nama
yang tidak tuntas kurang dari 25 % dilakukan remedial individu, kegiatan yang
dilakukan dapat berupa pemberian tugas.
3. Siswa
yang tidak tuntas lebih dari 25 % dilakukan remedial teaching secara klasikal
dengan mengulang kembali indikator atau KD yang belum tuntas dan dilakukan
ujian kembali.
4. Nilai
remedial tidak boleh melebihi nilai KKM yang ditetapkan
Pengayaan
1. Pengayaan
dilakukan bagi siswa yang sudah tuntas
2. Pengayaan
dapat dilakukan pada jam efektif atau pun diluar jam efektif
3. Bentuk
pengayaan dapat berupa tugas individu atau berkelompok
Bagi siswa yang belum
mencapai hasil kriteria ketuntasan minimal dalam kompetensi hanya diberikan
kesempatan belajar sendiri indikator-indikator kompetensi yang belum dikuasai
ataupun yang ingin dikembangkan.
Program
kegiatan ekstra kurikuler disediakan mengacu pada kebutuhan pengembangan kepribadian
siswa, program kegiatan ekstra kurikuler yang disediakan yakni pramuka, bidang
kesenian, bidang olahraga maupun English Club.
2. Standar
Proses
Silabus yang digunakan
untuk kelas VII, VIII, dan IX dikembangkan oleh guru – guru berdasarkan Standar
Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan penyusunan KTSP.
Kegiatan penyusunan dan pengembangan silabus dilakukan secara mandiri ataupun
berkelompok dalam pertemuan MGMP mata pelajaran. Silabus yang dikembangkan oleh
guru – guru belum sepenuhnya berasal dari hasil pemikiran sendiri namun
sebagian masih mencontoh silabus dari sekolah – sekolah lain dengan beberapa
perbaikan – perbaikan.
Sebagian dari guru memiliki Rencana
Pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan pada prinsip –prinsip perencanaan
pembelajaran sesuai standar proses baik mata pelajaran muatan nasional maupun
mata pelajaran muatan lokal. Seperti halnya silabus kegiatan penyusunan RPP
juga dilakukan oleh guru – guru secara mandiri ataupun berkelompok dalam
pertemuan MGMP mata pelajaran. RPP yang disusun guru masih mempedomani RPP
sekolah lain dengan beberapa perubahan – perubahan.
Namun tentu ada juga beberapa guru
yang telah menyususn RPP berdaraskan hasil pemikiran sendiri ataupun
berkelompok dengan memperhatikan langkah – langkah sesuai permendiknas No. 22
tahun 2016 tentang standar proses.
Metode pembelajaran
yang dirancang guru – guru dalam silabus dan RPP sebagiann sudah menggunakan metode interaktif,
inspiratif, kreatif, menantang dan memotivasi siswa, walaupun belum seluruhnya.
Untuk meningkatkan mutu
pelaksanaan proses pembelajaran dikelas Kepala SMPN 6 Siak Hulu dibantu wakil
kepala sekolah dan para guru senior melakukan supervisi dan evaluasi
pembelajaran.
3.
Standar Kompetensi Lulusan
Perolehan nilai hasil ujian nasional
tahun pelajaran 2017/2018 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ; Rata Ujian
Nasional, 45,18, nilai tertinggi 68,00 dan nilai terendah 24,00 : Bahasa
Inggris : Rata – rata Ujian Nasional 37,57, nilai tertinggi 64.00 dan nilai
terendah 22,00 : Matematika ; Rata – rata Ujian Nasional 39,13, nilai tertinggi
47,5 dan nilai terendah 12,5 : IPA : Rata – rata Ujian Nasional 36,90 : nilai
tertinggi 62,5 dan terendah 17,5
4. Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
Jumlah tenaga pendidik di SMPN 6 Siak Hulu sebanyak 46 orang, 43 guru telah memiliki ijazah sarjana (S1), dan 1 orang
D3 dan 2 orang lulusan D2. Guru Bimbingan Konseling dan Guru Penjaskes hanya
ada guru Komite.
Tenaga kependidikan di SMPN 6 Siak Hulu sebanyak 1 orang lulusan S1 dan 2 Orang lulusan SMA. Kepala perpustakaan
sudah memenuhi standar, karena sudah berkualifikasi akademik pendidikan S1,
tetapi fasilitas di perpustakaan masih jauh dari yang diharapkan dimana buku –
buku penunjang jumlahnya masih kurang.
5.
Standar Sarana dan Prasarana
Ruang kelas yang digunakan sebagai
tempat proses belajar mengajar sebanyak 10 ruang kelas dengan luas
masing-masing 72
M2
per ruang kelas. Setiap ruang kelas masing-masing memiliki satu whiteboard,
sepasang meja dan kursi guru, dan untuk meja dan kursi siswa disesuaikan dengan
jumlah siswa yaitu di kelas VII
ada sebanyak 30
pasang, di kelas VIII
ada sebanyak 30
pasang, dan di kelas IX
ada sebanyak 30
pasang.
Ruang kantor guru berukuran 8 x 9 M2 memuat 25 pasang meja dan kursi
guru, 1 buah lemari arsip sekolah, 1 buah jam dinding. Ruang kantor guru
memenuhi standar sarana dan prasarana. Ruang perpusakaan sudah memenuhi standar
sarana prasarana karena ruang perpustakaan ini dapat bantuan dari pusat, semua
jumlah buku umum masih kurang.
Ruang kepala sekolah berukuran 5 x 8 berisikan 2 buah
lemari arsip sekolah, 2 meja dan kursi kepala sekolah, 2 set kursi tamu. Gudang
belum dimiliki oleh sekolah kami ini, sehingga tidak ada tempat penyimpanan barang,
akibatnya banyak barang – barang sekolah tidak terletak pada tempatnya.
Sementara itu Labor Komputer dan IPA masih ditempatkan pada Ruang sementara,
belum memadai.
WC sudah memenuhi standar sarana prasarana, jumlah WC
yang ada sebanyak 8 WC untuk 287 siswa, kemudian tata letak WC sudah sesuai .
6. Standar
Pengelolaan
Visi dan misi serta tujuan pendidikan SMPN 6 Siak Hulu
sudah disosialisasikaan kepada warga sekolah, masyarakat ataupun pemangku
kepentingan melalui rapat komite. Rencana kerja sekolah (RKS), rencana kerja
tahunan (RKT) ataupun rencana kerja jangka menengah (RKJM) sudah
disosialisasikan kepada warga sekolah. Rencana kegiatan dan anggaran sekolah
(RKAS) yang disusun belum seluruhnya berdasarkan rekomendasi dari evaluasi diri
sekolah (EDS) akan tetapi sudah mengacu kepada delapan standar nasional
pendidikan.
Kegiatan supervisi sudah dilaksanakan secara berkala dan
berkelanjutan sehingga sudah merupakan program semester dan dipergunakan untuk
menilai kinerja guru dalam rangka melakukan perbaikan – perbaikan terutama
untuk peningkatan hasil belajar siswa.
7. Standar
Pembiayaan
SMPN 6 Siak Hulu mempunyai RKAS yang disusun oleh kepala
sekolah dengan melibatkan wakil kepala sekolah, bendahara BOS dan beberapa
orang guru. Sumber keuangan sekolah dari bantuan pemerintah berupa dana BOS dan
BOSDA.
Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah dilakukan
secara transparan, efisien dan akuntabel. Laporan keuangan sekolah hanya
ditujukan kepada pemerintah sebagai pemberi dana.
8. Standar Penilaian Pendidikan
Sebagian
guru mata pelajaran sudah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar. KKM yang telah ditetapkan masing-masing guru
mata pelajaran diinformasikan oleh semua guru kepada siswa diawal pertemuan tatap muka dan
disampaikan kembali kepada siswa sebelum ulangan harian.
Berikut ini tabel nilai kriteria ketuntasan minimal yang
menjadi Target Pencapaian Kompetensi (TPK) di SMP Negeri 6 Siak Hulu yang
berlaku saat ini :
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KKM (%)
|
1.
|
Pendidikan Agama
|
80
|
2.
|
PPKN
|
80
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
80
|
4.
|
Bahasa Inggris
|
76
|
5.
|
Matematika
|
76
|
6.
|
IPA
|
76
|
7.
|
IPS
|
78
|
8.
|
Seni Budaya
|
80
|
9.
|
Penjaskes
|
80
|
10.
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
79
|
B
|
Muatan Lokal
|
80
|
Setiap guru menyampaikan hasil penilaian sikap dan akademik
siswa kepada kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah urusan kurikulum.
Hasil penilaian dijadikan dasar bagi sebagian guru sebagai koreksi untuk
melakukan perbaikan pembelajaran berikutnya.
C. PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN DI LAPANGAN
Pelaksanaan Kegiatan On The Job Learning bagi peserta
diklat calon kepala sekolah di sekolah-sekolah magang merupakan sarana
pembelajaran dan tempat latihan dalam menjalani peran dan fungsi seorang Kepala
Sekolah. Di sekolah magang penulis
berusaha untuk beradaptasi dengan warga sekolah tempat magang, dan ternyata dilapangan menjalani peran kepala sekolah
bukanlah hal yang gampang, dan ada beberapa masalah yang penulis temukan
dilapangan.
Permasalahan penulis
dilapangan antara lain adalah masalah pengaturan waktu, karena penulis adalah Guru
Bahasa Inggris yang mengajar 28 JP dan penulis
juga mendapat tugas tambahan sebagai Wali kelas dan salah satu Tim Persiapan
Sekolah Rujukan Kabupaten yang sangat
sibuk dengan pekerjaan sekolah, serta jarak antara sekolah magang satu ( induk
) dengan sekolah magang ke-2 cukup jauh.
Komentar
Posting Komentar