Langsung ke konten utama

Daftar Isi


DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................        i
KATA PENGANTAR.................................................................................................       ii
DAFTAR ISI...............................................................................................................      iv
BAB I PENDAHULUAN...........................................................................................                      1
A. Latar Belakang................................................................................................. .      1
B. Tujuan ..............................................................................................................        5
       C. Hasil yang diharapkan......................................................................................       5

BAB II KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG.................................................                     7
A. Kondisi SMP Negeri 1 Siak Hulu (Magang 1).................................................       7
B. Kondisi SMP Negeri 6 Siak Hulu (Magang 2).................................................     17
C. Permasalahan yang ditemukan dilapangan ......................................................      28

BAB III PELAKSANAAN RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)....................... ..   29
A. Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan.................................................. ..   29
1. Siklus Pertama..............................................................................................     31
a. Persiapan..................................................................................................      31
b. Pelaksanaan..............................................................................................      32
c. Monitoring dan Evaluasi..........................................................................      33
d. Refleksi....................................................................................................      35
2. Siklus Kedua ................................................................................................      39
a. Persiapan..................................................................................................      39
b. Pelaksanaan..............................................................................................      39
c. Monitoring dan Evaluasi..........................................................................      39
d. Refleksi....................................................................................................      40
B. Supervisi Guru Yunior...................................................................................... ..   44
1. Siklus Pertama..............................................................................................      45
a. Perencanaan..............................................................................................      45
b. Pelaksanaan..............................................................................................      45
1. Pra observasi........................................................................................      45
2. Observasi.............................................................................................      46
3. Pasca Observasi...................................................................................      47
c. Tindak Lanjut dan Hasil...........................................................................      47
2. Siklus Kedua.................................................................................................      50
a. Perencanaan..............................................................................................      50
b. Pelaksanaan..............................................................................................      50
1. Pra Observasi.......................................................................................      51
2. Observasi.............................................................................................      52
3. Pasca Observasi...................................................................................      52
c. Tindak Lanjut dan Hasil...........................................................................      53
C. Penyusunan Perangkat Pembelajaran ............................................................... ..   55
D. Pengkajian Aspek  Manajerial.......................................................................... ..   57
1. SMP Negeri 1 Siak Hulu (Sekolah Sendiri).................................................... .. 57
1.1. Kajian RKS...........................................................................................      57
1.2. Kajian Keuangan Sekolah.....................................................................      58
1.3. Kajian Pendidik dan Tenaga Kependidikan.........................................      58
1.4. Kajian Tenaga Adminstrasi Sekolah (TAS)..........................................      60
1.5. Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana.............................................      60
1.6. Kajian Penglolaan Kurikulum...............................................................      62
1.7. Kajian Pengelolaan Peserta Didik.........................................................      64
1.8. Kajian Pengelolaan TIK dalam Pembelajaran.......................................      66
1.9. Kajian Montoring dan Evaluasi............................................................      67
2. SMP Negeri 6 Siak Hulu (Sekolah Sendiri)..................................................      68
2.1. Kajian RKS...........................................................................................      68
2.2. Kajian Keuangan Sekolah.....................................................................      68
2.3. Kajian Pendidik dan Tenaga Kependidikan.........................................      69
2.4. Kajian Tenaga Adminstrasi Sekolah (TAS)..........................................      71
2.5. Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana.............................................      71
2.6. Kajian Penglolaan Kurikulum...............................................................      72
2.7. Kajian Pengelolaan Peserta Didik.........................................................      74
2.8. Kajian Pengelolaan TIK dalam Pembelajaran.......................................      76
2.9. Kajian Montoring dan Evaluasi............................................................      76

E. Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK yang kurang di Sekolah Kedua     77
     (SMP Negeri 6 Siak Hulu)................................................................................ ..      


BAB IV PENUTUP..................................................................................................... ..   82
A. Kesimpulan....................................................................................................... ..   82
B. Saran - saran...................................................................................................... ..   83

LAMPIRAN
Lampiran 1      : a. Rencana Tindak Lanjut (RTL)
                           b. Jurnal Kegiatan
Lampiran 2       : a. Matrik Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK)
                            b. Daftar Hadir Kegiatan
                            c. Instrumen Monev
Lampiran 3       : Instrumen Kegiatan Supervisi Guru Junior
Lampiran 4       : Perangkat Pembelajaran
Lampiran 5       : Kajian Manajerial
Lampiran 6       : Instrumen Kompetensi berdasarkan AKPK
Lampiran 7      :  Dokumentasi Kegiatan On The Job Learning (OJL)
A.    RTK
B.     Supervisi Guru Yunior
C.     Penyusunan Perangkat Pembelajaran
D.    Kajian Manajerial
E.     Peningkatan AKPK
F.      Dokumen Pendukung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB III

BAB III PELAKSANAAN   RENCANA TINDAK LANJUT ( RTL ) A.       Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan ( RTK ) 1.          Judul RTK Berdasarkan hasil evaluasi dari lima kompetensi diatas yang akan penulis kembangkan dalam kegiatan OJL ini adalah dimensi manajerial. Untuk meningkatakn kompetensi tersebut penulis harus membuat rencana tindakan kepemimpinan (RTK). Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK) yang penulis buat yaitu yang berhubungan dengan kompetensi supervisi dengan judul : “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun   RPP berorientasi HOTS Melalui Pelatihan di SMP Negeri 1 Siak Hulu “   pilihan judul ini berdasarkan pertimbangan Penulis yang sengaja mengambil judul ini karena penulis melihat umumnya para guru di SMPN 1 Siak Hulu kurang mampu menyusun RPP berorientasi HOTS yang pada saat ini harus bisa disusun sendiri oleh para guru sesuai dengan perkembangan perangkat pembelajaran pad...

MAKALAH PRODUKSI DAN FUNGSI BIAYA DALAM PENDIDIKAN

MAKALAH PRODUKSI DAN FUNGSI BIAYA DALAM PENDIDIKAN Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Makhdalena, SE,M.Si., Ak, CA Disusun oleh : N E L L I     W I R D A NIM.1910246871 PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 2019 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pendidikan adalah tanggung jawab negara dan masyarakat, tanggung jawab kita bersama, termasuk dalam hal pembiayaan pendidikan, dapat dikatakan bahwa proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya. Dalam konteks perencaaan pendidikan, pemahaman tentang anatomi dan problematik pembiayaan pendidikan amat diperlukan. Berdasarkan pemahaman ini dapat dikembangkan kebijakan pembiayaan pendidikan yang lebih tepat dan adil serta mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Perlu kita pahami bersama bahwa p...